Tips Membuat Website / Blog WordPress Self Hosted Dengan Mudah

20.08 Unknown 0 Comments

Related image

jasa pembuatan website terbaik - WordPress yaitu salah satu platform yang paling banyak dipakai untuk buat website atau situs (blog). Basis ini dapat dihandalkan untuk buat sebuah website profesional dengan penampilan yang menarik. Dan berita baiknya yaitu, WordPress sangat mudah dipakai oleh semua kelompok, baik itu beberapa pemula maupun mereka yang telah mahir buat website. Terkecuali tawarkan basis yang user friendly, WordPress juga di dukung oleh developers dari semua dunia yang membuat beragam feature penambahan pada WordPress, baik itu plugins ataupun template-nya.

Untuk rekan-rekan yang belum juga tahu, WordPress itu sesungguhnya ada dua, yakni WordPress. org dan WordPress. com, tapi pengembangnya sama yakni Matt Mullenweg dan beberapa rekannya. Nah, yang juga akan saya ulas pada artikel ini yaitu cara buat website/situs (blog) WordPress Self Hosted. Jadi, kita harus miliki domain dan hosting sendiri, lalu meng-install script dari WordPress. org kedalam hosting itu.

Untuk buat website/situs (blog) di WordPress Self Hosting, silakan ikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Mempersiapkan Nama Domain Untuk Website 

Bila kita ingin buat sebuah website/situs (blog) yang unik maka kita harus miliki nama domain sendiri. Saya sangat merekomendasikan untuk beli domain dari registrar yang telah populer, baik itu registrar dari luar negeri ataupun dalam negeri.

Sesungguhnya ada beberapa penyedia domain gratis di internet, misalnya domain gratis berekstensi co. cc, cz. cc, dan sebagainya. Tapi apabila ingin membuat website/situs (blog) yang lebih profesional atau untuk website bisnis, baiknya beli domain TLD saja (top level domain) agar kita miliki akses penuh atas domain itu, dan pastinya juga akan terlihat lebih baik. Sekali lagi juga harga untuk satu domain termasuk cukuplah murah, sekitar Rp 90. 000 – Rp 120. 000, - per th..

Domain dan hosting harus tersambung agar website kita dapat di buka. Bila kita beli domain dan hosting dari layanan yang berlainan maka kita harus memberikan DNS (Domain Name Sistem) hosting ke domain kita. Untuk beberapa pemula saya anjurkan untuk beli nama domain dan hosting dari satu provider saja agar tidaklah perlu setting DNS sekali lagi. Misalnya Kamu beli domain dari Dapurhosting, maka baiknya Kamu juga beli hostingnya dari mereka.

2. Menyewa Hosting Untuk Website 

Ketika kita buat sebuah situs (blog) atau website, kita pastinya akan memerlukan script atau file-file pendukung agar website itu terlihat baik di browser internet. Misalnya script WordPress, file gambar, file video, file teks, dan file-file yang lain. Nah, peranan dari hosting ini yaitu untuk tempat menaruh data base file website yang juga akan kita bangun. Kita harus cermat dalam memilih hosting yang juga akan dipakai agar website yang di buat dapat di buka dengan baik dan sistem load-nya cepat.

Setelah kita beli paket hosting, biasanya penyedia layanan hosting juga akan kirim beberapa data berkaitan hosting yang kita beli. Salah satunya yaitu data user name dan password cPanel hosting (Control Panel hosting), DNS, dan yang lain. Taruh data ini dengan baik karena juga akan diperlukan setiap saat. Bila Kamu beli domain dan hosting di layanan yang berlainan maka Kamu harus memberikan DNS hosting Kamu ke domain yang Kamu beli.

Berikut ini yaitu dua type hosting yang dapat Kamu pakai, pikirkan mana yang diperlukan sebelumnya Kamu beli/menyewa layanan hosting :

2. 1. Shared Hosting

Shared hosting yaitu sebuah server yang di dalamnya ada banyak akun hosting website dan memakai layanan server itu dengan bersama. Shared hosting biayanya lebih murah, tapi privasi dan perform website didalam shared hosting relatif kurang baik, terlebih apabila trafik website cukup besar. Tetapi, bila file data website Kamu kecil dan belum juga banyak trafik, Kamu dapat memakai shared hosting.

2. 2. Dedicated Hosting 

Dedicated Hosting yaitu sebuah server yang dipakai oleh satu client saja. Keuntungan memakai dedicated hosting yaitu privasi client terbangun karena tidak dipakai oleh pihak beda, dan perform website tambah lebih baik dibanding dengan shared hosting. Tetapi biaya untuk dedicated hosting ini lebih mahal dibanding shared hosting.

3. Meng-install WordPress di Hosting 

Ada dua cara untuk meng-install script WordPress ke hosting Kamu, yakni dengan meng-upload script WordPress dengan manual atau dapat pula dengan memakai software Softaculous. Untuk sistem instalasi yang lebih mudah dan cepat, kita dapat memakai Softaculous, software ini biasanya telah berada di cPanel hosting Kamu.

Saat pertamakali meng-install WordPress, theme default dan plugin default juga akan automatis terinstal ke WordPress kita. Berarti, kita telah memiliki sebuah website dan dapat segera mulai isi content pada website/situs (blog) itu. Tetapi, bila kita membiarkan settingan default dengan theme default maka peluang besar website itu tidak terlihat profesional. Kita memerlukan sedikit ‘sentuhan’ untuk membuatnya lebih menarik, misalnya meng-install theme khusus, meng-install plugins, dan penyusunan yang lain.

4. Meng-install Theme yang Sesuai 

Setelah berhasil meng-install WordPress di hosting, Kamu dapat melakukan beberapa penyusunan untuk buat situs (blog)/website Kamu jadi lebih baik. Mengatur theme atau template WordPress sangat besar pengaruhnya pada penampilan layout website Kamu keseluruhannya.

Saat meng-install WordPress, biasanya template default juga akan turut ter-instal kedalam hosting kita. Penampilan template ini standard dan tidak kebanyakan orang menyukai penampilan standard theme WordPress. Nah bila Kamu ingin memiliki website dengan penampilan yang unik dan menarik, maka Kamu perlu meng-install theme tertentu.

Theme WordPress ini banyak tersedia sekali, baik itu yang gratis maupun yang berbayar. Bila Kamu ingin memakai theme yang gratis, Kamu dapat mencarinya segera dari halaman dashboard WordPress Kamu, yakni dibagian Appearance Theme Add New. Kamu dapat mencari theme yang sesuai sama hasrat Kamu.

Bila nyatanya theme gratis yang ada tidak sesuai sama keinginan, maka Kamu dapat memakai theme premium yang di jual di beberapa website yang khusus jual theme WordPress. Beberapa website yang saya merekomendasikan untuk beli Theme WordPress yaitu :
  • Theme Forest
  • MyThemeShop 
  • ThemeLab 
  • Mojo Themes 
5. Meng-install Plugins dan Buat Penyusunan 

Untuk buat WordPress Kamu bekerja lebih maksimum, maka diperlukan beberapa penyusunan dan meng-install beberapa plugins penting. Beberapa penyusunan simpel ini dapat memberi efek yang besar untuk website Kamu, misalnya ;
  • Buat page baru untuk halaman About, Kontak, Privasi Policy, dan lainnya 
  • Mengatur widget di sidebar 
  • Mengatur tempat link untuk menu kategori 
  • Memberikan logo dan banner 
  • Dan sebagainya. 

Meng-install plugins WordPress yaitu hal yang sangat sangat penting untuk tingkatkan kekuatan situs (blog)/website WordPress Kamu. Beberapa plugins penting yang perlu Kamu instal di situs (blog)/website WordPress Kamu salah satunya ;
  • WordPress SEO by Yoast 
  • Google XML Sitemaps 
  • SEO Friendly Images 
  • Wordfence Security 
  • Dan lain-lain 

6. Mulai Buat Konten 

Setelah usai melakukan semua penyusunan yang diperlukan, saat ini waktunya Kamu membuat content untuk situs (blog)/website baru Kamu. Sebelumnya membuat content, pastikan Kamu telah melakukan penelitian kata kunci (keyword). Melakukan langkah ini juga akan sangat menolong kita dalam membuat content yang banyak di cari oleh beberapa pemakai Google, pastinya kata kunci (keyword) yang sesuai sama niche bisnis Kamu.

Membuat content yang berhubungan dengan niche Kamu pastinya bukanlah suatu hal yang susah karena Kamu memang menguasainya. Kamu harus meyakinkan kalau content yang Kamu buat dan menulis di situs (blog)/website Kamu juga akan memberi value pada audiens Kamu. Hal semacam ini juga akan sangat menolong membuat brand website bisnis Kamu nanti untuk periode panjang. Diluar itu, membuat content yang berkwalitas dengan terus-terusan juga akan tingkatkan authority website Kamu untuk niche yang Kamu bidik, dan ini sangat baik untuk SEO (Search Engine Optimization).

Lihat juga : jasa pembuatan website di jakarta selatan

Nah sekianlah cara buat website/situs (blog) WordPress self hosted dengan mudah. WordPress adalah basis yang popular dan sangat powerful untuk membuat beragam type website. Selama ini Saya telah membuat beberapa type website (toko on-line, situs (blog), portal, dan company profile) dengan memakai basis WordPress, dan saya lihat tak ada cara beda semudah memakai WordPress. Mudah-mudahan artikel ini berguna.

You Might Also Like

0 komentar: